Monday 10 June 2013

Cara Mengatasi Joystick Yang Tidak Bisa Bergetar

Kemarin saya diajak main game oleh teman saya di komputernya, main need for speed. game ini dulu adalah salah satu game favorite saya diconsole PS2(baca juga: cara main game ps2 di komputer). setelah beberapa saat bermain saya menyadari joystick yang saya gunakan ini tidak bergetar(vibration). kemudian saya tanya kedia, fungsi vibration joystick ini rusak ya? katanya tidak. lalu saya tanya lagi efek getar pada game sudah diaktifkan? kemudian dia jawab lagi, sudah aktif tetapi tetap joysticknya tidak bisa bergetar.

Lagi saya bertanya, driver dari joysticknya sudah diinstall atau belum?(joystick original biasanya disertakan driver), katanya tidak ada drivernya saat dia beli joystick ini. pikir saya tidak mungkin stick ini tidak bisa bergetar sementar terdapat dinamo buat fungsi getar. dia belinya juga baru jadi tidak mungkin rusak kecuali cacat pabrik.



Karena penasaran saya coba buka google dan mencari solusi dari masalah JoyStick yang tidak bisa bergetar, dan akhirnya saya temukan software lebih tepatnya driver joystick ini(universal driver). Driver ini support dengan berbagai macam merek dan tipe JoyStick seperti K-One, XTech, Gameshock dan lainnya. dan kebetulan tipe JoyStick teman saya cocok dengan driver ini, ketika saya coba memang berhasil. JoyStick teman saya(K-One) bisa bergetar.

Jika anda juga seorang gamers seperti teman saya, tidak asik dan seru rasanya tanpa fungsi vibration di joystick anda layaknya PS, dengan game yang support vibration. Anda dapat mencoba universal driver joystick ini untuk mengktifkan fungsi getar(vibration) pada joystick anda, silahkan download pada link dibawah ini.

Download: USB Network Driver(fixed)

3 comments: